Perangkat keras komputer (Hardware) merupakan salah satu komponen dalam suatu sistem komputer. Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer.
Perangkat
keras computer terdiri dari: peralatan
input (input device), peralatan output, peralatan proses (cpu/central
processing unit), peralayan komunikasi (communication device), media
penyimpanan (storage).
1.1. Peralatan Input (Input Device)
Peralatan
input atau peralan masukan berfungsi sebagai alat untuk memasukan (input) data
program kedalam komputer untuk diproses menjadi informasi atau keluaran.
Jenis-jenis
peralatan input:
1. Keyboard
Ada
empat bagian pada keyboard yaitu typing
key, function key, cursor key, dan numerical key (keypad).
Tayping key berpungsi untuk mengetikan teks
atau huruf sepeti layaknya mesin ketik manual.
Function key merupakan tombol-tombol fungsi
yang memiliki fungsi tertentu sesuai dangan perintah yang dijalankan. Function
key ditandai dari F1, F2 sampai dengan F12.
Cursor key digunakan untuk mengerakan
kursor.
Numerical key atau juga disebut keypad merupakan tombol-tombol angka
yang susunan dan fungsinya seperti tombol pada kalkulator.
Tombol
penting pada keyboard :
·
Enter untuk mengeksekusi perintah,
mengakhiri pengetikan dan pindah kebaris berikutnya.
·
ESC tombol untuk membatalkan peritah.
·
Backspace menghapus satu karakter / huruf
disebelah kiri kursor.
·
Del/Delete menghapus satu karakter / huruf
disebelah kanan kursor.
·
Ins/Insert tombol untuk menyisipkan karakter
/ huruf.
·
Ctrl dan Alt tombol yang bila ditekan bersama
tombol lain akan memiliki fungsi tertentu.
·
Shift digunakan dengan tombol lain untuk
mengetikan karakter symbol yang ada di tombol dan untuk menghasilkan huruf
capital.
·
PageUp dan PageDown tombol untuk mengulang naik dan
turun stu layar.
·
Home tombol untuk mengarahkan kursor
menuju pada awal baris.
·
End tombol untuk mengarahkan kursor
menuju pada akhir baris.
2.
MOUSE
Mouse adalah alat yang digunakan untuk mengerakkan
penunjuk (pointer atau kursor) dengan cepat.
Mouse terdiri dari beberapa jenis seperti :
·
Dual Button, mouse yang terdiri dari dua
tombol yaitu tombol kanan dan tombol kiri.
·
Three Button, mouse yang terdiri dari tiga
tombol yaitu kanan, tengah dan kiri.
·
Scroll Button, mouse yang terdiri dari dua
tombol ditambah dengan scroll yang berfungsi untuk mengulang dengan cepat.
Berdasarkan cara kerja untuk menggerakkan kursor,
ada empat macam jenis mouse yaitu :
·
Mechanical (Wheel) mouse, yaitu mouse dapat bergerak ke
segala arah berdasarkan pergerakan bola kecil yang ada di dalam mouse.
·
Optical mouse, yaitu mouse dengan menggunakan
sensor optic.
·
Laser mouse, yaitu mouse dengan teknologi
laser.
·
Wireless mouse, yaitu mouse tanpa kabel. Mouse ini menggunakan infra merah, gelombang
radio atau Bluetooth untuk mendeteksi gerakan mouse.
3.
SCANNER
Scanner merupakan peripheral
komputer yang berguan untuk memindai (men-scen) gambar atau dokumen dalam
bentuk teks di atas kertas ke dalam dokumen komputer atau file komputer. Scanner terbagi atas 2 jenis :
1. Hand-held Scanner, yaitu scanner
yang pemakaiannya menggunakan tangan untuk menscan objek.
2. Plat Bad Scanner, yaitu scanner
yang penggunaanya dengan cara meletakan objek yang akan discan dianatara lensa
dan cover.
4.
JOYSTICK
Joystick itu seperti tongkat yang dapat digerakkan
ke segala arah sehingga leluasa dalam bermain game.
5.
TOUCH SCREEN
Touch screen atau layar sentuh yaitu tenologi baru
di mana perintah-perintah didalam menjalankan aplikasi komputer dengan menekan
atau menyentuh tombol perintah yang ada di monitor.
6.
MICROPHONE
Microphone digunakan untuk memasukan input berupa
suara. Pengunaan mic memerlukan
perangkat keras tambahan untuk menerima input suara, yaitu soundcard. Peralatan ini biasanya sudah ada menyatu
dengan mainboardnya, dan speaker yang digunakan untuk mendengarkan rekaman
suara.
7.
CAMERA DIGITAL
Kamera ini digunakan untuk menangkap gambar, video
bhkan audio kemudian diolah di dalam komputer.
8.
LIGHT PEN
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan
untuk modipikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat
mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar
monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
9.
BARCODE
Barcode berfungsi untuk membaca suatu kode yang
berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
1.2.
PERALATAN OUTPUT
Peralatan keluaran yaitu peralatan yang mempunyai
kemampuan mengkomunikasikan informasi hasil keluaran dari proses komputer
kepada manusia atau mesin lain sehingga informasi tersebut dapat digunakan.
Jenis-jenis peralatan output :
1.
MONITOR
Monitor merupakan peralatan keluaran yang
menghasilkan informasi pada layar
sebagai medianya.
Tampilan informasi lewat peralatan ini bersifat softcopy, artinya tampilan yang masih dapat diubah.
Jenis monitor antara lain, monitor monochrome (warna monitor hanya satu
warna hijau, orange atau putih), CGA (Colour Graphics Adapter) yang memiliki
empat sampai enam belas warna, EGA (Enhanched Graphics Adapter) yang memiliki
enam belas sampai enam puluh empat warna, dan VGA (Video Graphics Array) yang
memiliki dua ratus lima uluh enam atau lebih.
2. PRINTER
Printer adalah peralatan keluaran yang menghasilkan
data berupa hasil cetakan pada kertas sebagai medianya. Tampilan yang dihasilkan bersifat hardcopy,
artinya informasi yang tidak dapat diubah lagi.
Printer dikelompokan menjadi dua, yaitu impact printer yang menghasilkan huruf
atau gambar memakai ketukan secar fisik, yang termasuk dalam jenis ini adalah
printer dot matrix dan daisy wheel . Non-impact printer yang
menghasilkan huruf atau gambar tidak memaki ketukan secara fisik tetapi dengan menggunakan tinta atau
toner. Yang termasuk printer jenis ini
adalah inkjet printer dan laser printer.
3.
SPEAKER AKTIF
Perlatan ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang
telah diproses di dalam komputer.
4.
PLOTTER
Salah satu jenis printer yang dirancang secara
khusus guna menghasilkan output komputer berupa gambar / grafik dengan ukuran
ekstra dan dengan kualitas tinggi.
2.3.
PRALATAN PROSES (CPU / CENTRAL
PROCESSING UNIT)
CPU merupakan unit proses utama dan terpenting dalam
komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca
data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan
inforamsi (output) ke peralatan output.
CPU terdiri dari tiga bagian fungsional yaitu :
1.
ALU (ARITHMETIC LOGICAL UNIT)
Tugas utam dari ALU adalah melakukan semua
perhitungan aritmatika (matamatika) yang terjadi sesuai denagan insturksi
program. Tugas lain dari ALU adalah
melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instuksi
program. Operasi logika meliputi perbandingan
dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=),
tidak sama dengan(< >), kurang dari (<) , kurang atau sama dengan
(< =), lebih bessar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (> =).
2.
CU (CONTROL UNIT)
Bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan
yang ada pada system komputer. Tugas
dari CU ini adalah :
Ø
Mengatur
dan mengendalikan alat-alat input dan output.
Ø Mengambil instruksi- instruksi
dari memori utama.
Ø Mengambil data dari memori utama
(jika diperlukan) untuk diproses.
Ø Mengirim instruksi ke ALU bila
ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari
ALU.
Ø Menyimpan hasil proses ke memori
utama.
3.
REGISTER
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang
mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan
instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi lainya yang
menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memeori utama.
2.3.1.
KOMPONEN-KOMPONEN CPU
1.
Mainboard/Motherboard
Motherboard merupakan tempat kita menancapkan atau
memasangkan komponen-komponen komputer lainya seperti processor, video card,
hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard
berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen tersebut agar bisa
saling berkomunikasi satu sama lain.
2.
Processor
Processor juga merupakan otak sebuah komputer yang
bertugas memproses perintah dan logika yang diberikan oleh operator
komputer. Kekuatan processor diukur dari
frekuensinya, sperti 55o MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang
mencapai 3,2 GHz (Giga Hartz). Bahkan
saat ini muncul tipe processor dual core, core 2 dan core 2 duo quad.
Jika computer dihidupkan, maka processor akan
langsung bekerja dan cepat naik suhunya.
Oleh karena itu setiap processor saat ini sudah dilengkapi dengan besi
penyalur panas (heat sink) dan kipas pendingin.
3.
RAM ( Random Acces)
Gunanya adalah untuk menyimpan data sementara
sewaktu digunakan oleh prosesor. Jika
komputer dimatikan, maka dat di RAM akan hilang. Kecepatan membaca RAM lebih cepat jika
dibandingkan dengan harddisk.
4.
Harddisk
Harddisk merupakan piranti penyimpanan sekunder
dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar
yang terintegrasi.
5.
Sound Card (Kartu Suara)
Berfungsi sebagai audio untuk komputer. Kartu suara adalah prangkat yang dipasang
berjalan pada sistem komputer, dengan sifat keras diprogram dan driver prangkat
terpisah.
6.
VGA (Video Graphic Adapter)
VGA berguna untuk menerjemahkan output (keluaran)
komputer ke monitor. VGA dapat mengolah
gambar sebelum ditampilkan di monitor ataupun untuk bermain game.
7.
CD/DVD ROM Drive
Fungsinya adalah untuk membaca data dari sebuah
Compact Disc (CD). ROM adalah singkatan
dari Rad Only yang artinya penyimpanan data yang hanya bisa dibaca. Jadi CD-ROM hanya bisa digunakan untuk
membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data.
8.
Floppy Disk Drive
Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau
menulis pada sebuah disket. Cara kerja floppy disk hamper sama dengan harddisk.
Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floppy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data
pada disket itu.
9.
Power Suplay
Power suplay mengubah jenis daya listrik yang
tersedia di stokontak, 120 volt, 60 Hz, menjadi arus komputer dapat digunakan,
+5 dan +12 volt DC saat ini.
2.4.
PERALATAN KOMUNIKASI
Peralatan komunikasi adalah perangkat keras yang
dapat mentransmisikan data, instruksi dan informasi antara peralatan pengirim
(sending device) dan peralatan penerima (receiving device). Peralatan komunikasi diantaranya :
1.
Modem
Alat yang digunakan untuk merubah sinyal analog
menjadi digital dan sebaliknya. Misalnya
untuk menghubungkan antara dua komputer melalui dial-up dengan menggunakan line
telepon dalam mengakses data melalui jaringan atau internet.
2.
Wireless Modem
Alat yang menggunakan jaringan cell phone untuk
koneksi ke internet secara wireless dari sebuah komputer.
3.
Network Card
Merupakan penghubung PC dengan jaringan, sehingga
memungkinkan komputer anda untuk terkoneksi kesebuah jaringan komputer. Network Card memungkikan sebuah komputer
untuk member dan mengambil informasi dari komputer lain ataupun Local Area
Network (LAN).
4.
Hub
Hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang
sederhana (misalnya hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di suatu group IP local) ketika ada satu
paket yang masuk ke satu port di hub,
maka akan tersalin ke port lainnya di
hub yang sama dan semua komputer yang tersambung di hub yang sama dapat membaca
paket tersebut.
5.
Wireless Access Point
Merupakan peralatan komunikasi sentral sehingga
komputer dan peralatan lainnya dapat mentransmisikan data secara wireless diantara
komputer dan peralatan tersebut, atau untuk mentrasfer data secara wireless ke wired network.
6.
Router
Router adalah peralatan yang menghubungkan benyak
komputer atau router-router lain dan mentransmisikan data ketujuannya yang
benar dalam jaringan.
Comments
Post a Comment